Rabu, 03 Januari 2018

Kenali Tanda dan Gejala Demam Berdarah Pada Anak Sejak Dini

Kenali Tanda dan Gejala Demam Berdarah Pada Anak Sejak Dini


Mengetahui Tanda dan Gejala Demam Berdarah Pada Anak Sejak Dini merupakan salah satu langkah penting pencegahan kematian yang disebabkan oleh penyakit yang berbahaya ini. Penyakit demam berdarah sendiri merupakan salah satu penyebab kematian yang sebenarnya bisa membunuh seseorang secara perlahan.

Saat ini indonesia menduduki peringkat kedua penderita demam berdarah. Bahkan menurut data Kementrian Kesehatan Indonesia tahun 2013, jumlah penderita DBD di seluruh 31 provinsi mencapai 48.905 orang, termasuk 376 orang diantaranya meninggal dunia. Jadi, pada dasarnya DBD adalah penyakit yang sangat umum di Indonesia.


Demam yang terjadi pada penderita demam berdarah adalah demam yang membutuhkan pengamatan lebih seksama mengingat demam berdarah bisa terjadi secara tiba-tiba. 

Tubuh anak dan balita lebih rentan mengalami demam berdarah dari orang dewasa sehingga penanganan demam berdarah sejak dini sangat diperlukam. Terkadang gejala demam berdarah pada anak dan belita tidak selalu muncul dan gejala tersebut bisa saja muncul pada hari ke 4 dampai hari seterusnya. 

Tanda dan Gejala Demam Berdarah Pada Anak


  • Mendadak demam tingg, bisa mencapai 105०F (40०C)
  • Sakit kepala 
  • Timbul Ruam pada sekujur tubuh anak
  • Kulit mudah memar
  • Badan mendadak terasa lemas dan lesu
  • Mual dan muntah
  • Nafsu makan menurun
  • Nyeri pada otot, sendi, dan tulang. Nyeri ini biasanya mulai terasa setelah demam muncul.
  • Belakang mata terasa nyeri
  • Mimisan atau perdarahan ringan pada gusi

Tanda dan gejala demam berdarah pada anak umumnya bersifat ringan terutama bagi mereka yang beru pertama kali terinfeksi virus demam berdarah.

Sedangkan anak-anak yang lebih tua, dewasa dan mereka yang pernah mengalami infeksi sebelumnya mungkin bisa menimbulkan gejala yang sedang sampai berat seperti :

  • Perdarahan yang lebih berat, 
  • Terjadi masalah pada pencernaan (mual, muntah dan perut terasa sakit) da
  • Masalah pernapasan (mengalami kesulitan saat bernapas).

Memang tidak semua gejala diatas bisa timbul pada anak yang menderita demam berdarah sehingga melakukan pemeriksaan sangat diperlukan. Salah satunya dokter akan menyarankan test darah, apabila test darah diketahui jumlah trombosit kurang dari 100.000 per mm3 maka diduga mengalami demam berdarah dengue (DBD). 

Terlebih apabila anggota keluarga atau tetangga anda menderita demam berdarah, alasan ini dikarenakan nyamuk sebagai vektor demam berdarah bisa menggigit lebih dari satu orang. 

Pertolongan pertama adalah dengan memberikan cairan/ minum sebanyak mungkin hingga anak anda tidak kekurangan cairan tubuh, kompres untuk mengurangi panas tubuhnya, memberikan obat penurun panas, bawa anak anda ke rumah sakit apabila tiga hari demam semakin meningkat.

Pencegahan Demam Berdarah

Cara Pencegahan yang paling tepat adalah dimulai dari lingkungan sekitar rumah dimana anak tinggal.Karena virus dengue dibawa dan disebarkan oleh nyamun aedes aegypti maka lebih baik mencegah nyamuk ini untuk berkembang biak dan meminimalkan anak terkena gigitan nyamuk tersebut.

Pastikan di rumah dan lingkungan sekitar rumah anda tidak ada genangan air karena biasanya nyaman demam berdarah berkembang biak di dalam genangan air. Dan jangan lupa menerapkan 3 M yaitu Menguras bak mandi, Menurup tempat penampungan air dan Mengubur barang bekas.

Selain itu ada juga bisa melakukan langkah-langkah untuk melindungi anak anda dari gigitan nyamuk, seperti : 

  • Pakai pakaian yang menutu tubuh, baju lengan panjang dan celana panjang
  • Gunakan pakaian yang berwarna terang karena nyamuk lebih tertarik pada warna yang gelap
  • Gunakan lotion antinyamuk untuk anak
  • Pasang kelambu di tempat tidur anak

Ketika anak anak mengalami demam berdarah yang lebih dari 3 hari demamnya tidak turun, maka segeralah untuk melakukan pengobatan yang tepat dan aman untuk mengobati demam berdarah dan menjaga kesehatan anak anada. 

Solusi Pengobatan :

Untuk mengatasi dan mengobati demam berdarah pada anak, kami menyarankan anda untuk melakukan pengobatan dengan cara mengkonsumsi obat herbal Walatra Gamat Emas Kapsul yang terbuat dari 100% bahan alami yang menggunakan teripang emas golden sticouphus hermanii sebagai bahan utamanya.

Dimana Teripang emas ini memiliki keampuhan yang sangat luar biasa dalam mengatasi demam berdarah pada anak. Untuk mengetahui informasi pengobatan demam berdarah yang lebih jelasnya, anda bisa langsung saja KLIK DISINI.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda mengenai Kenali Tanda dan Gejala Demam Berdarah Pada Anak Sejak Dini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencari tahu tanda dan gejala demam berdarah pada anak. 

0 komentar:

Posting Komentar