Selasa, 05 Desember 2017

5 Macam-Macam Jenis Penyakit Pada Sistem Pencernaan

5 Macam-Macam Jenis Penyakit Pada Sistem Pencernaan


Sistem pencernaan merupakan serangkaian proses yang bekerja memproses apa yang anda makan dan minum dengan bentuk yang masih kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana dengan bantuan enzim dan menyerapkan sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Funngsi dari sistem pencernaan ini berfungsi untuk menerima zat makanan dan nutrisi, Mengurangi dan memecahkan makanan menjadi zat-zat gizi, Menyerapkan zat gizi tersebut ke dalam genre darah, membuang bagian dari makanan yang tidak bisa diserna oleh tubuh. 


Bisa anda bayangkan pentingnya sistem pencernaan untuk tubuh, Apabila ada satu saja organ yang tidak berfungsi, maka bisa dipastikan kesehatan tubuh pun akan terganggu.

Faktor penyebab terjadinya gangguan atau infeksi pada sistem pencernaan ini bervariasi, diantaranya bisa karena makanan yang kurang baik dari segi kebersihan dan kesehatannya, Keseimbangan nutrisi, pola makan yang kurang baik atau tepat, Adanya infeksi dan kelainan pada organ pencernaan.

Lantas, Apa saja kelainan dan gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan???


Ada beberapa gangguan ataupaun kelainan yang biasanya terjadi pada sistem pencernaan manusia, di antara Gangguan tersebut adalah sebagai beriktu ini.

  • Sariawan


Sariawan merupakan suatu jenis penyakit yang menyerang sistem pencernaan dengan menyerang organ pencernaan yakni mulut. 

Ketika anda mengalami sariawan, bibir anda akan menjadi pecah-pecah dan bagian bibir dan lidah seperti terluka dan mengelupas yang terasa perih, terutama 
pada saat makan.

Biasanya orang yang mengalami sariawan akan menjadi merasa malas untuk makan, sehingga menyebabkan kondisi tubuh penderitanya akan menurun. Orang mudah terkena sariawan kemungkinan karena kekurangan vitamin C atau daya tahan lemah.

Untuk mengatasi penyakit ini, kita harus memperbanyak minum air putih, karena air putih mengandung mineral yang bisa mengobati luka sariawan. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak vitamin C ( Seperti Jeruk, Apel dan mangga ). Vitamin C ini dipercaya mampu mengobati sariawan.


  • Diare 


Diare merupakan suatu kondisi dimana terlalu sering buang air besar ( BAB ) dibanding dengan biasanya. Diare bisa terjadi karena adanya iritasi oleh virus, bakteri pada selaput dinding usus besar dan bahkan bisa juga karena alergi dan kurang gizi.

Diare diakibatkan karena feses yang dikeluarkan mengandung banyak air. Hal ini karena pencernaan terganggu oleh bakteri yang mengakibatkan tidak bisa menyerap mineral dari makanan dan minuman. Biasanya penderita diare mengalami sakit perut dan terasa mules.

Terjadinya Diare yang terus menerus dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas karena cairan yang ada di dalam tubuh berkurang. Untuk mengembalikan cairan tersebut, penderita diare diberi garam oralit atau larutan garam dan gula dengan cara larutkan dua sendok teh gula dan kira-kira seperempat sendok teh garam dalam segelas air teh. Larutan ini diberikan beberapa kali kepada penderita.

Selain itu, penderita diare juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat yang bisa menyerap air di dalam tubuh.


  • Radang Usus Buntu


Radang usus buntu merupakan suatu penyakit yang terjadi atau menyerang usus buntu. yang seseorang yang mengalami penyakit ini mungkin akan mengalami beberapa keluhan seperti sakit perut bagian bawah disebelah kanan. 

Radang terjadi jika lubang antara usus buntu dan usus besar menaik tersumbat lalu tertutup. Penyumbatannya bisa lendir atau benda keras seperti biji terung atau cabe. Karena tersumbat atau tertutup, bakteri dalam usus buntu membuat dinding usus buntu terinfeksi.

Terjadinya infeksi pada usus buntu bisa menyebabkan proses pencernaan menjadi tidak lancar. Untuk memperlancar kembali sistem pencernaan, sebaiknya anda konsumsi makanan yang berserat. 


  • Maag 


Maag merupakan suatu penyakit yang terjadi pada lambung yang disebabkan karena terjadi peradangan atau luka pada lambung. 

Dimana seseorang yang terkena penyakit ini mungkin akan mengalami beberap[a keluhan seperti perut terasa sakit dan perih, mulas, mual yang disertai dengan muntah, perut kembung, nafsu makan dan berat badan menurun.

Penyebab penyakit maag yaitu bakteri Helicobakter pylori atau pemakaian sejenis obat antiradang. Dan bisa juga karena pola makan yang tidak teratur. 

Jika kita sudah dalam keadaan lapar dan tidak segera makan akan menyebabkan lambung kita kosong. Dari hal tersebut dapat mengakibatkan asam lambung menjadi naik sehingga dapat melukai lambung saat kita mencerna makanan.

Untuk melakukan pengobatanya kita harus menjaga pola makan yang teratur dan memberikan obat antibiotik untuk mengatasi bakteri penyebab penyakit maag.


  • Tukak Lambung


Tukak lambung adalah salah satu kelainan sistem pencernaan yakni kerusakan pada selaput lendir. Tukak lambung dapat disebabkan oleh factor-faktor kuman, toksin, ataupun psikosomatis. Kecemasan, ketakutan, stress, dan kelelahan merupakan faktor psikosomatis yang akhirnya dapat merangsang pengeluaran asam lambung. Jika asam lambung berlebihan, selaput lendir pada lambung akan mengalami kerusakan.

Tukak lambung juga bisa disebabkan karena munculnya luka pada dinding lambung yang diakibatkan oleh terkikisnya lapisan dinding lambung. Luka ini juga berpotensi muncul pada dinding bagian pertama usus kecil (duodenum) serta kerongkongan (esofagus).

Nah, itulah 5 Macam-Macam Jenis Penyakit Pada Sistem Pencernaan Dengan mengetahui macam-macam penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan, tentunya anda akan mencari tahu bagaimana cara untuk merawat kesehatan pencernaan pada tubuh anda. 

Cara Merawat Sistem Pencernaan 

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghindari beberapa penyakit akibat sistem pencernaan. DIantaranya yaitu :


  • Menerapkan pola makan yang teratur
  • Selalu mangkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang
  • Menjaga kebersihan peralatan makan dan bahan makanan
  • Biasakan mencuci tangan sebelum makan
  • Selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayuran
  • Minum air putih yang cukup
  • Biasakan menguyah makanan sampai halus dan lembut agar mudah dicerna oleh lambung
  • Biasakan menggosok gigi secara teratur agar kebersihan gigi dan mulut selalu terjaga


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda mengenai penyakit pada sistem pencernaan. Semoga Artikel ini bisa bermanfaat untuk semua orang. 

Terimakasih atas kunjungannya...

BACA JUGA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Tanaman Obat Tradisional Infeksi Paru Paru

Daftar Tanaman Obat Tradisional Infeksi Paru Paru Infeksi paru-paru atau infeksi saluran pernapasan bawah termasuk salah satu jenis pe...